Tips Mencegah Kolesterol Naik Setelah Mengkonsumsi Daging Qurban

By | August 31, 2017

Tips Mencegah Kolesterol Naik Setelah Mengkonsumsi Daging Qurban.- Tidak Terasa Sebentar Lagi Umat Muslim Akan Merayakan Idul Adha, Dimana Idul Adha Ini Sangat Identik Dengan Menu Makanan Daging.

Idul adha merupakan hari raya umat islam selain hari raya idul fitri, momen idul adha ini merupakan momen untuk melaksanakan qurban, nah saat qurban ini tentunya semua orang mendapatkan bagian daging qurban yang dibagikan oleh panitia qurban. Semua orang mengolah daging qurban dengan berbagai macam resep, baik itu di sate, di gulai, dan lain sebagainya. Namun anda harus bisa memperhatikan olahan daging qurban yang akan anda konsumsi, karena bisa saja menimbulkan kadar kolesterol anda meningkat tajam.

Tips Mencegah Kolesterol Naik Setelah Mengkonsumsi Daging Qurban

Sebenarnya, mengonsumsi daging kambing / sapi tidak terlalu berbahaya pada tubuh Anda, akan tetapi yang membuat berbahaya adalah proses pembuatannya. Seperti yang kita ketahui bahwa masakan Indonesia kaya akan rempah, yang dapat memicu kolesterol naik. Sebut saja masakan gulai yang menggunakan santan, ini lah yang membuat kolesterol Anda naik.

Kolesterol sendiri adalah senyawa lemak berlilin, yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah. Seperti, stroke dan serangan jantung.

Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, sebaiknya Anda mengikuti tips mencegah kolesterol dengan mengonsumsi makanan berikut ini :

  1. Mentimun atau Ketimun
    Mencegah kolesterol dapat Anda lakukan dengan cara mengonsumsi mentimun. Biasanya mentimun selalu disandingkan dengan makanan sate kambing, di mana penyajian mentimun ini bukan berarti tidak memiliki fungsi.
    Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah kolesterol meningkat. Selain itu mentimun juga kaya akan vitamin A, B, dan C, serta mineral. Seperti, magnesium, kalium, mangan, dan silika. Tak heran mentimun sangat disarankan untuk dikonsumsi saat menyantap menu hidangan sate kambing.
  2. Sayuran Kol atau Kubis
    Sama halnya dengan mentimun, sayuran kol atau kubis ini selalu disajikan bersamaan dengan menu hidangan daging kambing seperti soto atau sate kambing dan menu hidangan lainnya yang kaya akan minyak.
    Fungsi dari kol atau kubis dapat mencegah kolesterol Anda meningkat, sebab kol atau kubis kaya akan vitamin A, B kompleks, zat besi, kalium, ripoflavin, dan asam folat. Masing-masing kandungan tersebut memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, seperti mencegah kolesterol, mencegah kanker, membantu pembentukan sel darah merah, mengontrol tekanan darah tinggi, baik untuk jantung, dan berbagai manfaat lainnya.
  3. Anggur
    Mencegah kolesterol tidak hanya dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi sayuran saja, tetapi Anda juga bisa mencegah kolesterol dengan mengonsumsi buah-buahan seperti buah anggur.
    Buah anggur kaya akan pektin yang merupakan sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Selain dapat mencegah kolesterol, Anggur juga menjadi sumber gula darah yang baik.
    Anggur memiliki regulasi gula darah sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Kelebihan lainnya, buah anggur, terutama anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
    Setiap satu porsi anggur merah memberikan sekitar 16 miligram vitamin C sekitar 27 persen dari kebutuhan harian.
  4. Gandum
    Tips mencegah kolesterol dengan mengonsumsi makanan selanjutnya adalah gandum, mengapa gandum? Gandum kaya akan unsur katalitik, garam mineral, kalsium, magnesium, protasium, belerang, klor, arsenik, silikon, mangan, seng, iodida, tembaga, vitamin B, dan vitamin E.
    Gandum juga merupakan jenis karbohidrat yang tinggi serat, sehingga menyehatkan pencernaan yang diangap labih baik dibandingkan dengan jenis karbohidrat lainnya. Dengan mengonsumsi gandum secara rutin, maka kandungan beta-glucan atau sejenis serat baik di dalamnya.
    Akan berperan aktif dalam menekan tingginya kadar kolesterol dan tubuh. Dapat dikatakan bahwa gandung sangat cocok sebagai makanan pencegah kolesterol ketika Idul Adha nanti.
  5. Kacang-kacangan
    Mencegah kolesterol bisa juga Anda lakukan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, makanan yang satu ini sangat kaya akan serat sehingga sangat baik untuk menurunkan kolesterol.
    Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan 2 ons per hari, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga memiliki nutrisi tambahan lain untuk melindungi jantung.
  6. QNC Jelly Gamat
    Yang Terakhir Untuk Mencegah Atau Bahkan Untuk Menurunkan Kolesterol Naik yaitu dengan mengkonsumsi QNC Jelly Gamat, QNC Jelly Gamat ini merupakan produk herbal yang terbuat dari timun laut emas dan memiliki banyak kandungan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Untuk Informasi Lebih Lengkap Tentang Produk QNC Jelly Gamat Tersebut Anda Bisa Kunjungi => jellygamat.idkes.com

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips mencegah kolesterol naik setelah mengkonsumsi daging kurban, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

posted by. obatbenjolandileher.gov7.net

 

Artikel Yang Banyak Dicari :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *